The journey of a thousand miles, begins with one step.

Lao Tzu

Salam dari Weetabula, Sumba Barat Daya yang indah!

Kali ini kami ingin berbagi tentang apa yang telah kami lakukan di Talasi [email protected], Sumba Barat Daya.

Di sini team Talasi bekerjasama dengan masyarakat untuk mengolah kacang mete Sumba yang terkenal istimewa. Selain itu, Talasi sedang mendukung pengembangan citronella Sumba menjadi essential oil yang berkualitas tinggi.

Kehadiran Talasi di Sumba

Berawal dari kunjungan ke Sumba oleh founder Talasi, Alisjahbana Haliman pada tahun 2017, kehadiran Talasi di Sumba dimulai dengan sebuah percakapan. “Pak Haliman, kapal datang dari Jawa membawa barang kelontong, makanan dan minuman olahan untuk kami konsumsi dan pulangnya kapal tersebut membawa pisang, alpukat dan hasil bumi lainnya. Semuanya diangkut mentah tanpa ada usaha untuk mendidik dan membuat kami berkembang,” kata seorang tokoh masyarakat yang ditemui.

Tergerak oleh pernyataan ini, Pak Ali langsung menanggapi, “Kalau bapak-bapak bersedia menerima kami, saya akan membawakan alat produksi dan teknisi ke Sumba untuk kita belajar dan kembangkan bersama.”

Gayung bersambut, dan pada tahun 2018 Talasi mulai bekerja membangun fasilitas Talasi yang berdekatan dengan Rumah Budaya Sumba, dengan restu dan dukungan Pater Kimy dan Pater Robert dari Kongregasi Redemptoris.

Dalam waktu dua tahun banyak yang berhasil diselesaikan, membangun sebuah fasilitas dengan kapasitas processing, melakukan Research and Development dasar, memberdayakan masyarakat lokal melalui berbagai pelatihan, dan menciptakan tempat bagi tamu untuk berkunjung, berpetualang serta menikmati keindahan Weetabula, Sumba Barat Daya

Pada pertengahan 2020, Talasi membangun alat pengering Dome Drier di Weetabula, dan pada tanggal 27 Maret 2021, dengan bangga [email protected] resmi dibuka oleh Pater Kimy

Empowering Women

Empowering People adalah nilai yang dijunjung tinggi oleh Talasi. Di Sumba, ada upaya khusus memberdayakan staf Talasi yang sebagian besar perempuan, yang berkeinginan dan bersemangat tinggi untuk bekerja dan berkarya untuk kemajuan dirinya, keluarga dan daerahnya.

Kacang Mete Sumba

Kacang mete Sumba istimewa karena tumbuh di tempat yang kering dengan cahaya matahari yang kuat. Ini membuat Sumba terkenal menghasilkan kacang mete yang berkualitas baik

Talasi bekerjasama dengan petani lokal untuk mengolah kacang mete dan memberikan pembinaan langsung di lapangan mulai dari pemeliharaan pohon mete, cara memanen, grading, sampai dengan proses pengeringan. Pengeringan menggunakan Dome Drier yang dibangun khusus oleh Talasi, tidak saja untuk kacang mete tetapi dapat juga digunakan untuk produk-produk inovasi lain seperti porang.

Selain dengan petani lokal juga Talasi juga merekrut penduduk setempat lokal untuk memproses produksi kacang mete yang berkualitas di pabrik kecil yang dibangun Talasi untuk mengolah kacang mete. Kacang mete Talasi diolah tanpa minyak sehingga menghasilkan kacang mete zero kolesterol yang enak dan sehat untuk dinikmati!

Mesin Penyulingan Essential Oil di Sumba

Serai atau citronella sudah ditanam oleh petani di Sumba, namun belum dimaksimalkan. Karena itu, Talasi membangun mesin penyulingan essential oil di Sumba agar citronella Sumba bisa dijadikan essential oil. Harapannya, komunitas petani lain di Sumba bersemangat menanam citronella untuk diolah menjadi essential oil lokal yang berkualitas tinggi.

Experience Talasi at Weetabula



Talasi Estate Weetabula terletak di pulau Sumba yang menjadi salah satu must-visit destination karena memiliki keindahan alam yang unik dan budaya yang kaya. Hamparan savana, tenun ikat dengan pewarna alam, kuda Sumba, antara lain menjadi daya tarik pulau ini.

Saat mengunjungi ke Talasi Estate Weetabula kita bisa mencoba Product Journey Cashew dan Coffee dan berinteraksi langsung dengan para petani kacang mete dan kopi yang bekerjasama dengan Talasi.

Mulai dari datang ke kebun petani, melihat proses pemilihan kacang mete dan juga grading kacang mete yang terbaik sampai langsung mengkonsumsi kacang mete yang dipanggang tanpa minyak.

Selain itu, Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dari Bukit Lendongara yang hanya berjarak 15 menit dari Talasi estate.Perpaduan antara warna langit senja dan hijaunya bukit terlihat sangat indah dipandang.

Kami berharap bisa berbagi pengalaman dan aktivitas seru bersama Teman Talasi di Talasi Weetabula.

Mau Tahu Lebih Lanjut Talasi Estate di Sumba? Hubungi Kami 0813-3922-7774